Rabu, 20 Oktober 2010

Melapangkan Hati


Saudaraku....., faktor terbesar yang dapat melapangkan hati manusia adalah ketauhidan. Semakin sempurna, kuat dan meningkat tauhid seseorang, maka akan semakin sempurna, kuat dan meningkat pula kelapangan hati orang tersebut.
        Alloh swt. berfirman:
"...Barangsiapa yang Alloh menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya dia melapangkan hatinya untuk (memeluk agama) Islam. dan barangsiapa yang dikehendaki Alloh kesesatannya, niscaya Alloh menjadikan hatinya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki langit. begitulah Alloh menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman.."

   Dan sabda Nabi saw :

 “Apabila cahaya telah masuk ke dalam hati, maka hati itu  akan menjadi luas dan lapang.”


Adapun perkara-perkara yang dapat melapangkan hati adalah: Cahaya yang dilimpahkan Alloh kedalam hati seseorang, yaitu cahaya keimanan yang membawa seseorang dapat melaksanakan dan mentaati apa yang diperintahkan dan menghindari apa larangan-Nya secara mantap.
 
Selanjutnya adalah Ilmu. Dengan ilmu yang luas dan selalu ditingkatkan kadarnya, maka seorang hamba akan lebih merasa lapang dan luas pula hatinya. Namun demikian, dalam hal ini bukan sembarang ilmu yang dapat mewujudkan hal tersebut, melainkan hanya ilmu yang diwarisi oleh Rosululloh saw. (yaitu ilmu agama).

Kemudian hal-hal yang dapat melapangkan hati seorang hamba adalah dengan Kembali ke jalan Alloh. Dengan mengambil langkah kembali ke jalan Alloh yaitu menjalani hidup sesuai dengan yang disyariatkan oleh-Nya melalui utusan-Nya, maka seseorang akan memiliki kelapangan hati yang luar biasa. Karena kembali ke jalan Alloh memiliki efek yang sangat menakjubkan dalam memperbaiki hati. Semakin kuat rasa cinta kepada Alloh, maka akan semakin lapang rasa di hati.

Selain itu untuk mencapai kelapangan hati, maka seorang hamba haruslah melanggengkan dzikir, berbuat baik terhadap sesama makhluk Alloh dan memberikan sesuatu yang bermanfaat baik dengan materi, pengaruh, tenaga, maupun aneka macam kebaikan lainnya. Begitu juga hal yang perlu diperhatikan adalah keberanian dalam melaksanakan segala perintah agama-Nya, seorang pemberani akan selalu lapang hatinya. Sedangkan kegembiaraan jiwa dan kenyamanan hati tidak akan bisa dimiliki oleh orang yang penakut dan orang-orang yang bakhil/kikir. Juga tidak akan dapat dimiliki oleh orang yang berpaling dari Alloh, lalai mengingat-Nya, tidak mengenal-Nya dan tidak mengenal agama-Nya, terlebih hatinya selalu bergantung kepada selain Dia.

Saudaraku, adapun hal-hal penting yang telah disebutkan diatas dalam mencapai kelapangan hati, maka faktor yang sangat berpengaruh dan tidak boleh ditinggalkan adalah dengan cara membersihkan hati dari sifat-sifat yang tercela, menghindari pandangan yang berlebihan, ucapan yang berlebihan, pendengaran yang berlebihan, pergaulan yang berlebihan, makan yang berlebihan dan tidur yang berlebihan.

Dan semoga yang Maha Kuasa selalu memberikan kemantapan keyakinan dalam hati kita semua….Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar